Senin, 23 Mei 2016

Tips Agar Disukai Orang Lain



       



Bersosialisasi adalah kegiatan yang tak dapat dipisahkan dalam berbagai aspek kehidupan. Apalagi masyarakat yang hidup dilingkungan kolektif, seperti Indonesia. Berikut ini, saya akan memaparkan beberapa tips agar disukai orang lain baik dilingkungan kampus, sekolah, maupun tempat kerja untuk Sobat maple. Simak, ya.

1.       Hukum pergaulan
Jika Sobat maple ingin disukai seseorang, bicaralah dengannya ketika suasana hatinya sedang baik atau ketika dia sedang senang atau gembira akan sesuatu. Perasaan itu akan dia tambatkan atau tularkan pada Sobat maple, dan dia akan memandang Sobat maple baik.
Untuk mengetahui kondisinya sedang baik atau tidak, lihatlah wajahnya apa tersenyum lebar/ramah? Perhatikan matanya.
2.      Sering menampakkan diri
Banyak penelitian menyimpulkan bahwa semakin sering  berinteraksi dengan seseorang, semakin dia menyukai Anda (asal kesan pertamanya positif). Menurut Moreland dan Zaonc (1982) keseringan menampakkan diri akan menimbulkan apersepsi dan rasa suka yang lebih besar. Hal ini berlaku untuk apa saja. Hanya dengan lebih sering berdekatan secara fisik, Sobat maple akan lebih lekat di hati seseorang.
3.      Saling menyukai
Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa  kita cenderung menyukai orang-orang yang menyukai kita. Karena jika Sobat maple benar-benar ingin disukai dan dihormati, Sobat maple harus menunjukkan kepadanya bahwa Sobat maple menyukai dan menghormatinya.
4.     Persamaan
Kita sebenarnya lebih menyukai orang-orang yang memiliki kesamaan atau satu minat dengan kita. Sesungguhnya kesamaan dan kebersamaanlah yang menghasikan rasa saling suka. Jadi berbicaralah dengannya, bicarakanlah sesuatu yang kalian sama-sama miliki atau sesuatu yang sama-sama kalian sukai. Kesadaran bahwa ‘dia memahami saya” lah yang membangkitkan perasaan hangat bersama orang lain yang sepengalaman.
5.      Cara menarik simpati orang lain
Bagaimana seseorang bersimpati kepada Sobat maple sangat ditentukan oleh bagaimana Sobat maple membuat dia nyaman. Pengertian, tulus, baik hati, hangat… atau suka mencela, uring-uringan? Orang yang membuat orang lain merasa nyaman-lah yang ajeg disukai.
6.      Menyesuaikan diri
Peyesuaian diri menciptakan kepercayaan, yang memungkinkan Sobat maple membangun jembatan psikologis dengan seseorang. Percakapan mungkin akan lebih positif dan mengasyikan bila kedua belah pihak saling menyesuaikan diri. Sebagaimana kita lebih menyukai orang yang seminat, kita juga lebih menyukai orang yang” berpenampilan seperti  kita”. Ada dua tips penting dalam membangun dan menciptakan komunikasi, yakni:
*menyesuaikan sikap dan gerak tubuh
*Menyesuaikan gaya bicara
  
7. Biarkan dia membantu Sobat maple
Sesekali, biarkanlah bila dia ingin membantu Sobat maple. Hal ini akan menimbulkan perasaan berharga dan dibutuhkan padanya. Dia akan merasa bahwa keberadaannya cukup penting bagi Sobat maple.

8. Saya hanyalah manusia biasa
Melihat orang yang Anda kagumi dan bertindak bodoh atau konyol  membuat Anda lebih menyukainya ( Aroson, Willerman, dan Floyd, 1996). Jika Sobat maple menunjukkan pada orang lain bahwa Sobat maple tidak terlalu menjaga penampilan, hal itu akan membuat mereka  merasa lebih dekat dengan Sobat maple dan ingin berada disekitar Sobat maple. “Tak seorangpun yang menyukai orang yang suka pamer dan membanggakan dirinya sendiri serta merasa sempurna.” Kita tertarik dan menyukai orang yang memiliki kepercayaan diri, tapi orang yang pede tidak harus mengatakan kepada dunia betapa hebatnya kita, biarkan saja mengalir apa adanya. Jangan takut orang lain tau bahwa kita manusia biasa, yang juga bisa berbuat salah atau konyol.

9. Sikap positif
Kita tak menyukai berada dilingkungan yang pemurung, depresi dan pesimis. Kita lebih menyukai orang-orang yang berpandangan positif terhadap hidupnya. Bahkan, orang-orang pemurung dapat saling tarik-menarik dengan orang pemurung juga, tapi setelah suasana hatinya membaik dia akan meninggalkan sipemurung lainnya, karena sesungguhnya kita memang tidak nyaman berada dilingkungan pemurung atau berenergi negative lainnya.

Oke, Sobat Maple. Pembahasan kita sampai di sini dulu. Semoa bermanfaat dan jika ada krisan atau tambahan silahkan sampaikan, ya! See you.

Referensi: Leiberman, David J. 2006. agar Siapa Saja Mau melakukan Apa Saja Untuk Anda (terj). Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar