Rabu, 30 Maret 2016

Seporsi Sabar Tatkala Lelah


Hai, sobat maple! Apa kabar? Semoga baik-baik dan lebih baik yaa… berikut ini yang bisa saya sharing kepada sobat maple. Silahkan dikritisi dan semoga bermanfaat.
“Caca…” Winni menatap lirih.                                                                              
“Cape, ya? “
Winni mengangguk disertai senyum. “Cape apa? Fisik atau mental?
“Hm, fisik.” Katanya singkat sambil menidurkan kepala pada tas yang dipangkunya.
Caca mengelus pundaknya, “Disitulah kita letakan kesabaran . Dengan segala agendamu yang padat, dan dirimu sangat ingin melakukannya bahkan bersemangat. Tapi mau gimana lagi fisikmu tidak mendukung. Istirahatlah barang beberapa waktu.” Saran Caca.
Pagi itu langit berwarna senada dengan pakaian yang dikenakan Caca, biru beradu  putih. Senyum ramahnya laksana mentari menyinari dedaunan. Tangkainya yang hampir menjuntai  pada atap gedung dengan dua lantai itu, bergesekan satu sama lain sehingga menimbulkan bebunyian, diterpa semilir angin. Sedari pagi, beberapa kawannya sedang duduk-duduk di balkon yang terletak tak jauh dari kelas, sembari menunggu dosen yang tak kunjung tiba.
Kegiatan yang harus diselesaikan Winni memang cukup padat. Dia harus pintar membagi waktu antara organisasi, akademik di kampus, dan juga keluarganya. Jangan sampai semuanya tumpang tindih. Sedari awal Winni tentu sudah mempertimbangkan konsekuensinya.
Hebatnya Winni tak pernah menampakkan  kelelahannya di depan khalayak. Bibirnya selalu menyunggingkan senyum, tak banyak yang tahu mengenai kondisi tubuhnya yang memang mudah lelah, mungkin disitu ujiannya.
Seorang ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, seperti tunarungu, autism, learning disability, dan lain sebagainya, disitulah letak ujiannya. Seorang kakak yang memiliki adik yang “nakal”, disitulah letak ujiannya. Seorang anak yang kedua orang tuanya bercerai,  disitulah ujiannya. Seiring berjalannya waktu, semoga kita lebih belajar untuk meletakkan seporsi sabar pada kenyataan yang ada di depan mata kita. Berdamai dengan diri kita sendiri, and to do the best.
Wassalam, sobat maple!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar